Minggu, 23 Agustus 2009

MASALAH DALAM HUBUNGAN INTERPERSONAL

Psikologi sosial

MASALAH DALAM HUBUNGAN INTERPERSONAL

  1. Kecemasan sosial (social anxiety), persasan tidak nyaman dalam kehadiran orang lain disertai kecenderungan menghindari intraksi sosial

  2. Kesepian

  • Isolasi Sosial seseorang menginginkan hubungan sosial tetapi tidak memiliki jaringan.

  • Emosianal Isolation, seseorang mengiginkan suatu hubungan sosial yang mendalam tetapi tidak memiliki hubungan tsb.

  1. Kesendirian (sukarela/ terpaksa)


Cinta (Triangular of Love)

TRIANGULAR OF LOVE – STERNGERG

  1. INTIMSCY

Berisi perasaan yang menciptakan pengalaman kehangatan dalam satu hubungan

  1. PASSION

Menunjukan adanya dorongan yang mengarahkan pada daya tarik romantisme fisik dan perilaku seksual

  1. COMMITMENT

Keputusan jangka pendek bahwa subjek mencintai pasanganya dan sepakat untuk memlihara cinta tsb.


MACAM-MACAM CINTA

  1. Cinta Romantik (daya tarik fisik)

  2. Cinta Memiliki (tergantung).. posesif

  3. Cinta Kawan Baik (keakraban)

  4. Cinta Pragmatis (logis)

  5. Cinta Altruistik (memberi)

  6. Cinta Main-main (lebih dari satu)


KOMPENEN HUBUNGAN YANG ERAT (JANGKA PANJANG)

  1. Kelekatan emosional (afeksi dan cinta)

  2. Pemenuhan kebutuhan psikologis dari pasangan

  3. Interdependency (saling ketergantungan)


PROSES HUBUNGAN YANG ERAT

  1. Tahap orientasi, interaksi terbatas pada pembicaraan yang sedikit, dangkal dan impersonal

  2. Tahap pertukaran penjajakan afeksi, terdapat kesediaan untuk mengijinkan orang lain mengenal lebih baik.

  3. Tahap pertukaran afeksi, peningkatan komunikasi yang mentitik beratkan pada wilayah pribadi

  4. Pertukaran yang stabil, terdapat pemahaman yang baik antara dua orang yang berhubungan dan kesiapan menafsirkan dan meramalkan perasan perilaku pasangan


KEERATAN HUBUNGAN INTERPERSONAL

  1. Mengungkapan informasi, pikiran dan perasaan kepada pasangan interaksinya

  2. Penerimaan sebagai, respon dari pasangan

  3. Menafsirkan respon pasangan sbg:

  1. Understanding (secara cermat menangkap , perasan, pembicara dan situasi)

  2. Validating (memperkuat bahwa penmbicaraan diterima dan dinilai secara individual)

  3. Caring (menunjukan afeksi dan perhatian bagi pembicara)


MENGAKHIRI HUBUNGAN

  1. Membicarakan (voice)

  2. Kesetian (loyalty)

  3. Menolak (Neglect)

  4. Meninggalkan (exit)

PERTIMBANGAN MENGAHIRI HUBUNGAN

  1. Derajat kepuasaan individu dalam, hubungan sebelum terjadi penurunan kualitas hubungan

  2. Besarnya sumber yang sudah diinfestasikan oleh masingmasing pihak

  3. Kulaitas hubungan alternatif yang terbaik dan terjangkau

HUBUNGAN INTERPERSONAL STIMULUS-VALLIE ROLE MODEL

  1. Stimulus stage, dimana dua individu saling tertarik satu sama lain (fisik)

  2. Value Stage, saling mencari sejauh mana mereka memiliki kesamaan atau kemiripan dalam nilai dan sikap

  3. Role Stoge, pasangan tersebut. mulai melaksanakan peran dalam hubungan yang mereka jalankan.



Kompenen Self Presentation

  1. Impression management, motivasi yang dimiliki individu untuk mengendalikan orang lain atau menciptakan kesan terentu dalam pikiran orang lain.

  2. Impression construction, pemilihan image tertentu yang ingin diciptakan dan mengubah perilaku dengan cara tertentu untuk mencapai tujuan.


Motivasi Impression Management

  1. Mendapat imbalan materi atau sosial

  2. Meningkatkan harga diri

  3. Mengembangkan identitas


Pengelolaan kesan yang baik

  1. Proper Front, mengepresikan perilaku agar orang lain tahu peran aktor (setting, manner, apperance)).

  2. Keterlibatkan dalam peran

  3. Mewujudkan harapan orang lain tentang perannya.

  4. Mystification, menjaga jarak sosial

Strategi Persentasi Diri

  1. Ingratitation (mengambil buka)

  2. Intimidation (ancaman)

  3. Self promotion (tampil kompetent)

  4. Exemplification (teladan)

  5. Supplification (permohonan)

  6. Self Handicaping (hambatan diri)

  7. Alighning actions (mendefinisikan tingkah laku yang dinilai bertentangan dengan budaya)

  8. Altercasting (memaksakann pesan atau identitas pada orang lain)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar